Sunday, November 27, 2011

Usulan Gagasan Event Humor 2012 -2015

Catatan:
Franciscus Xaverius Mulyadi menulis pesan sbb: Dhimas Darminto, mbok bikin rame humor spy pemerintah noleh...dulu sempat ada lembaga humor indonesia yg seingat saya cukup berwibawa (a.l. mas arwah setiawan), mestinya anda bisa (maksudnya tidak harus bikin LHI) tapi mendorong dunia humor ke posisi yg selayaknya, ke tempat yg sesuai (dan terhormat) salammmmm....

Menjawab sentilan Mas Efix Mulyadi, salah seorang wartawan senior Kompas yang kini dipercaya mengelola Bentara Budaya Jakarta, berikut kita lemparkan ke forum publik “Kumpulan Gagasan Event Humor” yang ada di database saya, barangkali ada di antara Anda yang tertarik dan tertantang merealisasikannya. Event ini tidak harus terkait dengan Pakarti. Tetapi bila sebagian di antaranya Pakarti ada yang tertarik merealisasikannya, juga syukur alhamdulillah. Intinya terbuka untuk umum. Syaratnya punya visi dan misi yang positif tentang peranan humor dalam kehidupan sehari-hari. Organisasi penyelenggaranya juga tidak harus Lembaga Humor Indonesia (LHI) yang setelah Bapak Arwah Setiawan meninggal juga ikut surut dari kancah percaturan humor di Indonesia. Apakah anda mau memberi nama “Bukan LHI” atau “Bukan Pakarti” itu sepenuhnya menjadi domain dan tanggung jawab anda sepanjang kerja nyatanya membuahkan hasil yang positif bagi pertumbuhan seni humor di Indonesia. 

1. Festival Humor Total Nasional

Abstraksi:
Sebuah festival/pameran yang menampilkan materi lucu, baik dari karya seni rupa (drawing: kartun/karikatur/ilustrasi, lukis, patung, instalasi, tata cahaya, foto, dst.dst), seni tulis (minifiksi, joke, anekdot,  cerpen, puisi, pantun, dst.dst), seni tampil (lawak tunggal atau stand up comedy, lawak grup, ketoprak, ludruk,  sulap, akrobat, tari humor, kolaborasi pentas musik dan menggambar/melukis, tutur humor atau joke telling, pantomim, musik humor, pentas wayang humor, dst.dst), seni talkshow (debat publik, debat kusir, talkshow,  seminar, penataran,  wawancara: orang mewawancarai binatang, dst.dst) hingga seni rekam elektronik (audio, film pendek, film panjang, iklan lucu, dst.dst). Semua materi lucu tersebut dapat dipajang baik di dalam maupun di luar ruang.
Usai pameran, materi  yang memungkinkan dikoleksi peminat dapat difasilitasi dalam forum lelang terbuka.
Event ini sebaiknya diselenggarakan setiap tahun sekali.

2. Nusantara International Cartoon Contest

Abstraksi:
Indonesia menjadi penyelenggara Lomba Kartun Internasional dengan tema-tema sederhana seperti: tanah, air, ibu, nasionalisme, patriotisme, laut, hutan, dst. dst. Untuk mengefektifkan komunikasi, karya dapat dikirim dalam bentuk Jpeg resolusi  200-300 dpi. Kejuaraan berjenjang; seperti juara paling bergengsi, misalnya: Piala Ibu Pertiwi; berikutnya:  Piala Garuda, Piala NKRI dst dst....hadiah2: supaya kompetisi langsung menyengat perhatian dan partisipasi kartunis seluruh dunia, juara utama 100 juta rupiah, berikutnya 50, 25, dst dst.
Hasil lomba dipamerkan. Usai pameran, materi  yang memungkinkan dikoleksi peminat dapat difasilitasi dalam forum lelang terbuka.
Event ini sebaiknya diselenggarakan setiap tahun sekali.

    Lomba Lukis Humor Nasional
    Lomba Foto Lucu Nasional
    Lomba Patung Humor Nasional
    Lomba Lawak Nasional
    Pameran Seni Rupa dan Rupa-rupa Seni (ide: GM Sudarta)
    Diskusi Kiprah Karikatur di Jejaring Sosial (dicetuskan: Dr. Wagiyono  Sunarto, Rektor IKJ)
    Dan seterusnya, dan seterusnya

Bagi anda yang serius ingin merealisasi ide-ide di atas, sebagian atau seluruhnya, akan sangat kami hargai bila anda mau membuat pernyataan di forum ini secara terbuka sehingga kami insan penggemar humor dapat menjadi saksi dan dapat memberikan dukungan.
Namun bila tema-tema di atas layak dijadikan sebagai bahan diskusi bersama, juga tetap kami hargai. Bila anda diam-diam mengambil dan mengklaim ide-ide di atas secara tidak kesatria, maka kami juga akan diam-diam “menyantet” anda lewast dunia maya, ha ha haaaa!!!

Salam tabik,

Darminto M Sudarmo
Provokator Seni Humor

Lengkap dengan diskusinya dapat dilihat di link ini.....

List on BO Listing

0 comments:

Post a Comment


Toko Lucu

Amazon.com ArtStore Camera & Photo Store Mp3 Store Office Products Store Kindle Store Sports & Outdoors Store Health & Personal Care Store Home & Garden Store Grocery Store Magazine Subscriptions Store Software Store Shoes Store Tools & Hardware Store Kitchen & Housewares Store Industrial & Scientific Store Jewelry Store Video On Demand Videos Store Gourmet Food Store Watches Store Beauty Store Computer Store Cell Phones & Service Store Electronic Store Automotive Store Apparel & Accessories Store DVD Store Miscellaneous Store Wireless Accessories Store KOKKANG Store

$value) { if (strpos($param, 'color_') === 0) { google_append_color($google_ad_url, $param); } else if (strpos($param, 'url') === 0) { $google_scheme = ($GLOBALS['google']['https'] == 'on') ? 'https://' : 'http://'; google_append_url($google_ad_url, $param, $google_scheme . $GLOBALS['google'][$param]); } else { google_append_globals($google_ad_url, $param); } } return $google_ad_url; } $google_ad_handle = @fopen(google_get_ad_url(), 'r'); if ($google_ad_handle) { while (!feof($google_ad_handle)) { echo fread($google_ad_handle, 8192); } fclose($google_ad_handle); } ?>